Uji Coba Peramban Web di Android

21.49

Assalamu'alaikum,


Browser atau peramban merupakan aplikasi wajib pada device yang anda miliki, baik di PC dan juga di Smartphone. Banyak browser pilihan yang dapat anda pergunakan, misalnya saja Google Chrome milik Google, Firefox milik Mozilla, Safari milik Apple, IE milik Microsoft, Opera Mini milik Opera .inc, Baidu, UC Browser, Naked Browser, MUI Browser, dan masih banyak lagi peramban yang lainnya.


Fungsi dari peramban itu sendiri adalah sebagai media untuk menampilkan sebuah website, blog, sosial media, dan lain sebagainya (dalam bentuk web dengan menggunakan url/link/nama domain). Sehingga pengguna dapat menikmati konten yang ditawarkannya.


Sedangkan peramban web menurut wikipedia adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di Internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan pengidentifikasi sumber seragam yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya.


Mr Slam kali ini hanya akan menguji 3 peramban yang telah terinstall di perangkat androidnya, apa saja ketiga peramban tersebut? Pertama adalah MUI Browser, kedua UC Browser, dan yang terakhir Naked Browser. Kenapa hanya tiga saja yang diuji? Sedangkan masih banyak peramban lainnya yang dapat digunakan.


Pengujian ini dilakukan karena beberapa kelebihan yang dimilikinya masing-masing. Terus apakah peramban web yang lainnya tidak memiliki kelebihan juga? Semua peramban memiliki kelebihannya masing-masing, tapi ada baeberapa faktor yang membuatnya memilih tiga peramban web tersebut. Di antaranya karena kapasitasnya yang relatif kecil, memory yang dipakainya juga relatif kecil, user friendly, dan juga karena penggunaannya dalam membuka blog slametux yang lain.


Ujicoba dilakukan ke dua pengujian untuk mengetahui performa dari peramban, yakni html5test.com dan madebyevan.com/webgl-water. Ketiga peramban memberikan nilai yang berbeda-beda. Berikut adalah hasil test yang dilakukan Mr Slam dengan menggunakan dua pengujian.


Pada saat dilakukan pengujian, yang menduduki peringkat pertama jatuh pada Naked Browser dengan perolehan angka tertinggi pada hasil tes HTML5 yakni 507. Sedangkan untuk tes webGL Water, Naked Browser berhasil menampilkan seluruh gambar dengan sempurna.


Peringkat kedua diduduki oleh MIUI Browser dengan perolehan angka tertinggi kedua pada hasil tes HTML5 yakni 487. Sedangkan untuk tes webGL Water, MIUI Browser hanya berhasil menampilkan gambar bola yang ada di kolam.


Peringkat terakhir adalah UC Browser dengan perolehan angka hanya sebesar 413 pada hasil tes HTML5. Sedangkan untuk tes webGL Water, UC Browser tidak dapat menampilkan gambar samasekali.


Mr Slam memilih ketiga peramban web tersebut karena beberapa faktor yang telah disebutkan sebelumnya, dan belum dilakukan pengujian lebih lanjut lagi. Terima kasih.


Wassalamu'alaikum.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Hahaha... Kita saudaraan yah..
    Mampir juga yah di
    Catatan Ngawur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya, ternyata kita saudaraan.
      Salam satu saudara. hehehe
      Oke-oke, siap cuss ke tekapeh.

      Hapus

Gak usah Sungkan loh kalau mau komentar!

Banner 1


Banner 2


Banner 3